Mempercepat Koneksi Internet Windows 7 Tanpa Software





Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di Windows 7



Setiap OS Memiliki Kelebihan dan kekurangan masing-masing tapi pada tulisan ini saya tidak akan membahas kekurangan dan kelebihan pada masing-masing Operating System. Karena hal tersebut dibutuhkan untuk memberikan perbandingan memilih OS mana yang akan dipilih sebelum menginstal komputer. Baiklah topik permaslahan yang mendasar pada judul ini berada pada ketidakpuasan kita pada kecepatan internet yang sedang kita gunakan. Berapapun kecepatan yang sedang kita nikmati itu tidak akan berarti apa-apa jika masih ada yang menggunakannya diatas rata-rata. Namun disini akan kita sesuaikan dengan kekuatan Hardware-software dan yang terakhir bandwith serta kualitas sinyal yang anda gunakan. Tetapi saya mengacu pada sistem standart yang ada. Artinya jika sinyal Internet yang anda gunakan tidak bagus apapun tidak dapat anda lakukan dengan baik sekalipun menggunkan tweak yang akan kita Ramu pada tulisan ini.
Setelah sebelumnya saya membahas Proteksi MITM dan Netcut di Linux tambahan untuk keamanan saat kita menggunakan jaringan publik.
Sedikit pembahasan tentang Windows 7 yang bisa kita gunakan Tweaking beberapa sumber menyebutkan bahwa windows XP tidak memiliki fitur ini. Dan sebenarnya jika anda gemar mencari software  pembangkit kecepatan internet itu akan sama saja dengan yang akan kita kerjakan sekarang. Baiklah kita lanjutkan ke tahap-tahap yang sudah ditunggu.
     1. Silahkan anda klik Start icon Windows à Kotak Pencarian à ketik CMD kemudian klik kanan Pada CMD tersebut à pilih Run as Administrator
2. Dikotak CMD silahkan anda ketikkan netsh int tcp show global 
     3. Tekan Enter, Kemudian anda Screenshot,untuk kemudian anda simpan. Itu merupakan pengaturan asli atau default.




Kita lanjutkan pada proses konfigurasi. perlu anda ingat sesuaikan dengan segala kondisi yang berpihak dengan anda saat ini. Untuk yang saya beri warna itu merupakan Rekomendasi dari Saya.


1.    Chimney Offload State
Pada TCP global Parameter Chimney ini memiliki fungsi Mentransfer data dari CPU ke Adaptor jaringan. Fitur ini harus tetap aktif di Windows dengan status “Autimatic”
Untuk merubahnya ketik saja

netsh int tcp set global chimney=enabled
atau nonaktifkan dengan perintah dibawah ini

netsh int tcp set global chimney=disabled
Kemudian silahkan anda Restart komputer anda. (Setiap Mengubah Pengaturan Wajib Restart) 

2.    NetDMA State
Windows 7 mendukung fitur NetDMA, merupakan teknologi yang memungkinkan adapter jaringan untuk mentransfer data secara langsung ke aplikasi tanpa perlu bantuan dari CPU. Pengaturan ini sebaiknya “enabled”.

netsh int tcp set global netdma=enabled
atau nonaktifkan dengan cara dibawah ini

netsh int tcp set global netdma=disabled
Kemudian Restart Komputer (Setiap Mengubah pengaturan Wajib Restart)

3.    Direct Cache Access
DCA fitur yang tidak terdapat di Windows 8 ini memiliki fungsi mengurangu overhead sistem. Pengaturan ini mempengaruhi controller, chipset dan processor. Sebab itulah jika ingin mengaktifkannya pastikan Hardware komputer anda mumpuni.
Untuk mengktifkannya silahkan ketik

netsh int tcp set global dca=enabled
dan untuk menonaktifkannya ketik

netsh int tcp set global dca=disabled
Kemudian Restart Komputer (Setiap Mengubah pengaturan Wajib Restart)

4.    Receive Window Auto-Tuning Level
Network tuning digunakan untuk konfigurasi secara manual seperti TCP Receive Window (RWIN), yang mendefinisikan jumlah data komputer. sistem akan secara otomatis mengubah RWIN sesuai dengan kondisi jaringan, dan secara signifikan dapat meningkatkan kinerja, tetapi pengaturan dapat disesuaikan. (rekomendasi saya biarkan saja atau anda bisa menggunakan Highlyrestricted)
Jika anda ingin merubahnya, gunakan perintah dibawah ini

netsh int tcp set global autotuninglevel=enabled
atau restricted

netsh int tcp set global autotuninglevel=restricted
atau highlyrestricted

netsh int tcp set global autotuninglevel=highlyrestricted
atau disable

netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
Kemudian Restart Komputer (Setiap Mengubah pengaturan Wajib Restart)

5.    Add-On Congestion Control Provider
Dengan merampingkan ukuran TCP windows bisa jauh lebih agresif, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan kinerja.
Silakan ketik jika ingin mengaturnya

netsh int tcp set global congestionprovider=ctcp
atau none

netsh int tcp set global congestionprovider=none
Kemudian Restart Komputer (Setiap Mengubah pengaturan Wajib Restart)
Itu saja yang perlu kita perhatikan untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet dan anda bisa mengetahui perubahannya melalui http://www.speedtest.net/ untuk melihat atau menguji kecepatan lakukan beberapa kali untuk melihat kecepatan rata-rata dari perubahan setting yang kita lakukan diatas tadi.
Semoga bermanfaat.





close